Rabu, 08 April 2009

NYONTRENG PETIR DEMOKRASI

Oleh Pelukis Hardi





pemilu legislatip 2 hari lagi. tgl 9 april 2009. yng saya catat dan fenomenal adalah munculnya partai baru,kembalina jendral2 orba,bunglon politisi, menunggu letupan di golkar ,nasib Megawati.SBY Lanjuttt?
1. partai 2 baru yang bermunculan, menandakan bahwa politisi yng muncul di pemilu 2009 adalah ,politisi yng tak ber ideologi. elite nya yang sesungguhnya bukan elite itu, hanya mengejar" psudo kekuasaan". ketua2 paratai bukan pemikir ,tak memiliki track record sebagai pembela rakyat. untuk jalan pintas ,main bom iklan seperti Gerindra.Tapi Gerindra adalah fenomena khusus,didukung oleh dana besar,pemikir berbobot ,muda ,dan prabowo sebagai andalannya.

Partai Hanura ,sama dengan Gerindra nya prabowo. sama eks orba,banyak duit dan merekrut mantan jendral sebagai back bone nya partai.yang saya heran....betapa cepat rakyat indonesia melupakan peristiwa represif belasan tahun yng lalu.

2.Bunglon POLITIk. saya heran dng mas Permadi,konon gara2 tidak dipasang dinomer urut no 1,di PDIP ,ia ngambeg dan nyeberang ke GERIDRA yng dulu setiap saat dia mencaci tentara dan keluarga cendana. PELI ( penyambung Lidah )nya Bung Karno ini ternyata politisi bunglon yng haus kekuasaan? jiwanya seolah2 digadaikan untuk kekuasaan semata. jadi anggota DPR dari PDIP belasan tahun masih kurang? sungguh sedih. Banyak bunglon politik yng lain ,yng kecewa dgn partai nya nyeberang ke partai lain.Fenomena ini brkli juga menyakitkan hati kader partai yng setia.

3. Golkar adalah gunung berapi yng tidur sebentar ketika reformasi ,kemudian mengumpulkan lava,lahar yng siap meletus lagi.Yusup Kalla kurang menjual. Andaikan menang ,nomer urut satu pun ,sulit untuk menjadi poresiden.Masih dibawah bayang2 SBY. juga fenomena luar jawa tadi. yng memenuhi syarat menurut saya adalah SURYA pALOH.ia akan jadi brutus nya yusup kalla,disaat terakhir capres. Presiden nya siapapun ,entah itu SBY lagi atau Megawati,maka figur Surya paloh tetap pilihan untuk jadi Wapres.

4. Megawati ,punya pendukung fanatik jelas .ia manusia sejarah.Tapi tidak cukup.paratai2 lain baik yng nasionalis ataupun yng Islam ,masih allergi thd Bung Karno. PDIP ,untungnyas bisa melahirkan kader kuatnya ,yaitu Pramono Anung dan Tjahjo Kumolo.Mrk sdh pantas jadi menteri di kabinet manapun.
Tapi megawati tidak cukup kuat untuk maju capres...menjelang pemilu presiden ,ia akan dijebak ,dengan diundang di teve untuk bicara. kelemahan mega adalah ketika bicara. SBY justru kekuatannya ketika bicara.
5.Menaklukkan hati rakyat hanya dengan CINTA. yng lain tidak setimpal,apsalagi menjelek jelekkan lawan politik. Menerima kekalahan dan menerima kemenangan harus dewasa. kalau tidak republik ini bubar.

5. Apakah SBY lanjuut. Saya pikir faktor nya ada ...1. KPK.2.Gaji guru naik .3.BLT dll. itulah keuntungan incumben...yng lain harus kerja keras untuk menyaingi ini.

6. Partai islam terpecah belah,krn haus kekuasaan dan agama aliran. sejarah Islam sdh menunjukkan hal itu. sulit bersatu.Selamat NYONTRENG .NYONTRENG PETIR DEMOKRASI.


Dari FB Pelukis Hardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar