Rabu, 18 Maret 2009

Senirupa


Pameran tunggal seni rupa ini akan menjadi pameran pertama yang diselenggarakan di Galeri Salihara tahun ini, setelah pameran seni rupa Dari Penjara ke Pigura yang merupakan acara grand launching Galeri Salihara, Oktober tahun lalu. Karya-karya yang akan dipamerkan adalah lukisan dan instalasi terbaru karya Hanafi.

Pameran Tentang Ruang dan Bayang bermula dari gagasan tentang bayang. Bagi Hanafi, “bayang” mengandung dua pengertian: (1) kenangan atau hal yang muncul dalam pikiran, dan (2) sebagai shadow atau bayang-bayang secara harafiah. Berdasarkan pengertian pertama, Hanafi mencoba melukiskan kembali banyak hal yang melintas dalam pengalaman hidupnya di masa lalu yang selalu bekerja kembali di dalam proses kreatifnya. Dalam gelap muncul bayang-bayang yang kemudian menjelma warna dan rupa. Berangkat dari pengertian kedua, Hanafi ingin mengukur diri, melihat kembali batas-batas dirinya, yang terlihat dari bayang. Baginya, bayang mencerminkan objek karena bayang memang setia dan tidak pernah jauh dari objek.

Hanafi lahir di Purworejo, Jawa Tengah, 5 Juli 1960 dan kini bermukim di Depok, Jawa Barat. Ia pernah belajar di Sekolah Seni Rupa Yogyakarta. Pameran tunggalnya yang mutakhir (2007) antara lain Enigma di O House Gallery, Jakarta dan Home of Images di Museu d’Art de Girona, Spanyol. Sebelumnya ia pernah pula memamerkan karyanya Study for Distance di Barcelona, Spanyol (2002) dan Toronto, Kanada (2001).

Pameran Tentang Ruang dan Bayang ini berlangsung pada tanggal 6-26 Maret 2009 pukul 10:00-19:00 WIB di Galeri Salihara. Anda kami undang pada acara pembukaannya, di hari Jumat, 6 Maret 2009 pukul 19:00 WIB. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Asty di 0817-999-5057.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar