Rabu, 20 Mei 2009

IBU -- yang anaknya diculik itu


Pocket opera adalah sebuah bentuk baru yang menggambarkan sebuah opera yang "praktis dipagelarkan" karena tidak melibatkan terlalu banyak pemain dan stage decor, tanpa mengurangi kualitas dan "magic" dari suatu pertunjukan opera. Untuk IBU, Ananda Sukarlan menciptanya untuk satu penyanyi saja, yang akan ditampilkan oleh soprano terkemuka Aning Katamsi, sehingga karya ini menjadikannya sebuah "tour-de-force" yang sangat virtuosik, karena Aning (atau soprano manapun yang akan mementaskannya di masa depan) harus menyanyi, berakting dan berdeklamasi selama 35 menit. Opera ini adalah sebuah kontribusi yang penting dalam khasanah musik sastra Indonesia, terutama karena menjadi "ujian" bagi setiap penyanyi soprano yang kelak mempagelarkannya, baik dari segi artistik, musikalitas, stamina dan teknik. Karya ini berdasarkan drama monolog dari Seno Gumira Ajidarma, dengan judul yang sama, yang telah dipagelarkan oleh aktris Niniek L. Karim tahun 2008 yang lalu. Ceritanya mengisahkan kepedihan seorang ibu yang anaknya hilang diculik lebih dari 10 th yang lalu dan tidak kembali sampai saat ini.

Sebelum opera ini, acara akan dibuka oleh beberapa karya menakjubkan Ananda antara lain ballet "You Had me At Hello" (koreography oleh Chendra Panatan), 2 karya untuk paduan suara anak-anak, serta "Rescuing Ariadne" untuk flute dan piano. Ananda sendiri juga akan memainkan beberapa nomor untuk piano solo.

Aning Katamsi, soprano sebagai IBU

Elizabeth Ashford, flute
Date:
Sunday, June 7, 2009
Time:
4:00pm - 5:30pm
Location:
World Theatre of BIS (British International School)
Street:
Bintaro Jaya Sektor IX, Jl. Raya Jombang , Ciledug, Pondok Aren
City/Town:
Bintaro, Indonesia


Ananda Sukarlan, piano

BIS Children Choir dan JCOM Children Choir

dipimpin oleh Elizabeth Ashford dan Mirta Hartono

Chendra Panatan, choreography & stage director

Ini adalah pertunjukan kedua dari acara "2 Sundays with the Maestro". Jika anda memesan tiket sekaligus untuk dua acara ini, anda akan mendapatkan discount dari harga total sebesar 20%.
Acara pertama adalah mahakarya Ananda Sukarlan yaitu kantata no. 1 "ARS AMATORIA". Silakan cek di http://www.facebook.com/event.php?eid=91248422656

Tidak ada komentar:

Posting Komentar